Rabu, 08 Maret 2017

GAME EDUKASI VS SERIOUS GAME



Game Untuk Pendidikan
Menurut buku Learning Online with Games, Simulations and Virtual
Worlds" karya Clark Aldrich. Terdapat beberapa jenis game yang dapat
dimanfaatkan dalam pendidikan yaitu :
1. Educational Simulations : game yang bertujuan untuk sebuah pembelajaran.
2. Serious Games : Serious game adalah suatu konsep game dengan tujuan untuk
kepentingan trainning, advertising, simulasi, edukasi. Atau dengan kata lain untuk
kepentingan yang sifatnya non-entertainment. Implementasinya, serious game ini
bisa diterapkan untuk berbagai tingkatan usia serta dengan berbagai genre dan
teknologi game.
3. Frame Games
4. Class Games
5. Virtual World
Perbedaan dari setiap jenis kemudian dibedakan menjadi 4 (empat) aspek menurut :
· tujuan pembelajaran yang dapat dicapai;
· Kriteria Suksesnya;
· Kebutuhan teknologi untuk diimplementasikan;
· contoh dari jenis game tersebut
Game edukasi adalah game digital yang dirancang untuk pengayaan
pendidikan (mendukung pengajaran dan pembelajaran), menggunakan teknologi
multimedia interatif.

Penelitian-penelitian seputar serious game secara nyata baru dimulai sekitar tahun 2002. Sebenarnya sejumlah peneliti diakhir tahun 1990 sudah mulai memberikan sejumlah pendapatnya seputar kemungkinan penggunaan game untuk tujuan yang lain. Barulah pada tahun 2002, salah satu institusi yaitu Woodrow Wilson International Center melakukan launching "Serious Games Initiative" khususnya untuk pengembangan game dengan tujuan pada bidang kebijakan dan manajemen. Pada tahun-tahun berikutnya tujuannya diperluas pada bidang sosial serta kesehatan.
Serious game adalah suatu konsep game dengan tujuan untuk kepentingan trainning, advertising, simulasi, edukasi. Intinya adalah untuk kepentingan yang sifatnya non-entertainment. Implementasinya, serious game ini bisa diterapkan untuk berbagai tingkatan usia serta dengan berbagai genre dan teknologi game.


Inti utama dari tujuan serious game adalah menumbuhkan, mengedukasi, dan memotivasi pemain untuk satu tujuan tertentu.. Tujuan lain bisa juga untuk kepentingan marketing dan advertising. Di Amerika sendiri, serious game ini banyak diterapkan di kalangan pemerintahan serta para profesonal kesehatan.
Dalam sejarah perkembangan game, maka diantara sekian banyak game yang dapat diidentifikasi sebagai awal dari kolaborasi game dengan edukasi adalah salah satu game produk Atari pada dekade 1980-an, yaitu  Army Battlezone,sebuah game yang awalnya ditujukan untuk kepentingan trainning militer. Fihak departemen pertahanan amerika memang termasuk inisiator untuk mengembangkan game dalam dunia militer yang mengarah pada simulasi peperangan dan sejenisnya. Simulasi yang dikembangkan sebelumnya ternyata membutuhkan peralatan khusus dengan biaya yang cukup besar. Ternyata dengan menggandeng para pengembang game, sejumlah simulasi di bidang militer dapat dilakukan dengan konsep game dengan biaya yang jauh lebih murah. Kesuksesan game sejenis Army Battlezone, telah menumbuhkan genre baru dalam dunia game.
Mengingat Serious Game adalah satu bidang yang masih baru, maka klasifikasi game yang tergolong dalam serious game pun masih dalam tahap yang sederhana, sampai saat ini bila berbicara seputar serious game, maka beberapa klasifikasi yang termasuk kedalamnya adalah :
  • Advergaming
  • Edutainment
  • Games-Based Learning
  • Edumarket Games – kombinasi dari advergaming dan edutainment. 
  • News Games atau  Journalistic games
  • Simulation Games
  • Persuasive Games
  • Organizational-Dynamic Games


sumber : 
http://symphonyofika.blogspot.co.id/2012/05/game-pengertian-sejarah-dan-klasifikasi.html
http://indahpermatasari1075.blogspot.co.id/2010/12/serious-game-adalah-sebuah-game-yang.html

0 komentar:

Posting Komentar