Kamis, 20 Desember 2012

Review Film 5cm

mg][/img]

Genre : Drama, Petualangan
Tanggal Rilis Perdana : 12 Desember 2012
MPAA Rating : Bimbingan Ortu
Durasi : 126 min.
Studio : Soraya Intercine
Sutradara : Rizal Mantovani
Produser : Sunil Soraya
Penulis Naskah : Donny Dhirgantoro
Pemain : Herjunot ali, Raline Shah, Fedi Nuril, Pevita Pearce, Igor Saykoji, Denny Sumarno

Film yang diadaptasi dari novel best seller karya Donny Dhirgantoro ini, ga jauh beda dengan kebanyakan film yang diangkat dari novel lainnya. yang emang punya data tarik tersendiri karena memiliki cerita yang menarik dan luar biasa. sekedar info, novel 5cm yang terbit pada november 2007 ini, sempat menjadi best seller selama dua tahun berturut-turut di Gramedia Bookstore.

Dan setelah tadi nonton Film garapan Rizal Mantovani tersebut, yang juga diberi judul yang sama dengan novelnya, saya harus akui kalo cerita dan filmnya sendiri bener-bener menarik. kebetulan saya emang belum sempet baca novelnya jadi, cukup dengan nonton filmnya aja saya udah ngerasa puas banget. ga seperti film Breaking Dawn yang saya tonton beberapa waktu lalu, saya sempet ngerasa kurang sreg dan ada yang kurang karena udah terlanjur baca novel Breaking Dawn yang ditulis oleh Stephanie Meyer.

Balik lagi ke 5cm. diawal film saya tertarik banget sama karakter Zafran yang diperankan oleh Herjunot Ali yang saya rasa emang lebih dominan dibanding pemain lainnya. Akting Fedi Nuril juga cukup bagus dengan image dewasa yang emang sangat pas banget dibawainnya.

5cm sendiri menceritakan tentang persahabatan 5 orang yang udah berjalan selama bertahun-tahun. Zafran, Genta, Arial, Riani dan Ian. suatu ketika, mereka merasa bosan dan jenuh dengan persahabatan mereka. oleh karena itu, Genta (Fedi Nuril) mengambil inisiatif agar mereka ber-lima ga ketemuan dulu selama tiga bulan. sebelumnya, ini ditolak oleh Riani (Raline Shah) yang meresa ga mau kehilangan sahabat-sahabatnya. namun, selehah berdebat akhirnya semuanya sepakat untuk menerima saran dari Genta.

sumber : 
Selain itu, ternyata genta juga mempunyai sebuah rencana besar untunknya dan para sahabat-sahabatnya, yaitu disaat nanti tiga bulan kedepan mereka sudah bertemu lagi, Genta dan keempat sahabatnya akan memulai sebuah petualangan untuk sampai di puncak tertinggi Jawa tepat pada 17 Agustus.

Selama tiga bulan terpisah, semuanya disibukan oleh kesibukan individualnya. Zafran yang terus maju pantang mundur untuk deketin Dinda (Pevita Pearce) adik dari Arial (Denny Sumarno), Ian yang sibuk dengan skripsinya, Genta yang kangen sama Riani, Riani yang juga kangen, dan Arial yang lagi pedekate sama cewe.

Dan setelah itu, tiba segmen yang paling seru, yaitu saat mereka ketemua di stasiun kereta dan pergi ketempat tujuan. sebelum sampe di titik jalan pertama, Genta ga ngasih tau sebenernya kemana mereka bakalan pergi. dan setelah mereka tau, semuanya jadi makin semangat. saya kira segmen pas mereka ber-enam mendaki itu bener-bener segmen yang paling bikin tegang dan juga berupa klimaksnya. ga cuma itu, disini juga nyeritain tentang dua kisah cinta antara Genta dan Riani, juga Zafran dan Dinda. yang awalnya tebakan saya meleset untuk nebak ujung dari dua kisah cinta ini.

Saya kasih nilai 4 dari 5 untuk film ini (kategori penilaian film Indonesia ya) jujur, film ini banyak banget ngasih hal positif yang bisa kita ambil, seperti kecintaan akan Indonesia, Semangat mereka, juga kisah persahabatan yang luar biasa. ya walaupun masih ada beberapa kekurangan dalam film ini seperti backsound yang kurang tepat dan beberapa segmen yang terlihat dipercepat, tapi secara menyeluruh cukup bagus.

So, buat yang udah nonton gimana tanggapannya untuk film ini?

sumber : http://www.kaskus.co.id

0 komentar:

Posting Komentar