Animasi komputer adalah seni menghasilkan gambar
bergerak dengan sendiri melalui penggunaan komputer dan merupakan sebagian
bidang komputer grafik dan animasi. Sesuai dengan namanya, animasi ini
secara keseluruhan dikerjakan dengan menggunakan komputer. Dari pembuatan
karakter, mengatur gerakkan “pemain” dan kamera, pemberian suara, serta special
effeknya semuanya di kerjakan dengan komputer. Animasi semakin banyak
dihasilkan melalui grafik komputer 3D, walaupun grafik komputer 2D masih banyak
ada.
Bagian dari komputer grafik adalah:
a.
Geometri:
mempelajari cara menggambar permukaan bidang.
b.
Animasi:
mempelajari cara menggambar dan memanipulasi gerakan.
c.
Rendering:
mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya.
d.
Citra (Imaging):
mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
Seni menghasilkan gambar bergerak melalui penggunaan komputer
dan dengan menggunakan bantuan software-software (tools) yang telah ada,
terutama software atau aplikasi dalam bidang computer grafik dan animasi.
Contoh software: Adobe Flash, Macromedia Flash, Ulead GIF Animator 5, dan
lain-lain.
Pengertian Animasi Menurut Ibiz Fernandes dalam
bukunya Macromedia Flash Animation & Cartooning: A creative Guide, animasi
definisikan sebagai berikut:
“Animation is the
process of recording and playing back a sequence of stills to achieve the
illusion of continues motion.” (Ibis Fernandez McGraw-Hil/Osbom, California,
2002)
Yang artinya adalah:
“Animasi adalah sebuah proses merekam dan memainkan
kembali serangkaian gambar statis untuk mendapatkan sebuah ilusi pergerakan.”
Secara garis besar, animasi komputer dibagi dalam dua
tipe, yaitu:
a.
Animasi 2 Dimensi
adalah animasi yang berbasis pada konsep gambar 2 dimensi. Seperti: Spongbob,
Doraemon, dan lain-lain.
b.
Animasi 3 Dimensi
merupakan perkembangan dari animasi 2 dimensi. Dengan berasarkan pada konsep
gambar 3 dimensi sehingga menghasilkan animasi yang lebih realistis, detail dan
nyata karena hampir menyerupai bentuk asliya.
Sejarah
Animasi
komputer awal digital dikembangkan di Bell Telephone Laboratories pada tahun
1960 oleh Edward E. Zajac, Frank W. Sinden, Kenneth C. Knowlton, dan A. Michael
Noll. Animasi digital lainnya juga dipraktekkan di Lawrence Livermore National
Laboratory.
Komputer
animasi awalnya, digunakan untuk tujuan penelitian ilmiah, teknik dan lainnya,
tetapi eksperimentasi artistik mulai terjadi pada pertengahan 1960-an. Pada
pertengahan 1970-an, cara ini mulai masuk ke media publik. Banyak komputer
grafis saat ini melibatkan penggambaran 2-dimensi, meskipun semakin banyak, seiring
daya komputer meningkat, upaya untuk mencapai 3-dimensi realisme menjadi
penekanan untuk perkembangan animasi komputer. Pada akhir 1980-an,
foto-realistis 3-D mulai muncul di film bioskop, dan pada pertengahan 1990-an
telah dikembangkan ke titik di mana 3-D animasi dapat digunakan untuk produksi
film keseluruhan. Saat ini Animasi komputer modern biasanya menggunakan
komputer grafis 3D, walaupun grafik komputer 2D masih digunakan, hal ini
dikarenakan dengan menggunakan komputer 2D bisa membuat gaya, bandwidth lebih
rendah, dan lebih cepat real-time rendering. Dengan menggunakan animasi
komputer itulah seniman mulai menggunakan mesin permainan untuk membuat film
non-interaktif, yang mengarah ke Machinima berbentuk seni.
Fitur-panjang
komputer pertama film animasi adalahn film Toy Story oleh Pixar tahun 1995 .
Animasi ini mengikuti petualangan mainan dan pemiliknya. Film terobosan ini
adalah yang pertama dari banyak film penuh animasi komputer.Selain itu dengan
Animasi komputer diciptakanlah film blockbuster seperti Toy Story 3 (2010),
Avatar (2009), Shrek 2 (2004), Cars 2 (2011), dan Kehidupan Pi (2012).
Jenis-jenis Animasi
·
Komputer Assist
Beberapa contoh pertama dari animasi komputer komersial secara
tradisional menggunakan bantuan komputer. Hal ini bisa dalam bentuk
komputer yang memproduksi "perantara"
atau gambar yang menghubungkan dua inputan yang sama oleh seniman (sehingga
memungkinkan seniman untuk menggambar karakter lebih sedikit). Komputer animasi
pembantu pertama kali digunakan dalam
sebuah film animasi di "The Mouse Detective Besar" Disney pada tahun
1986. Sebuah adegan dalam film berlangsung didalam jam, dan roda gigi mekanik
kompleks benar-benar diberikan dalam komputer sebagai kawat-frame grafis sebelum
dipindahkan ke sel, di mana mereka bersatu dengan unsur-unsur lain dari TKP.
Teknik yang sama digunakan oleh Disney dalam film kemudian seperti "Beauty
and the Beast" (1991), "Pocahontas" (1995) dan
"Tarzan" (1999).
·
Gerak Kontrol dan Script
Animasi komputer yang paling modern menggunakan sistem kendali gerak
yang digunakan oleh animator untuk
memanipulasi pembuatan sebuah objek, dan kemudian memindahkan obyek
telah yang melalui serangkaian pose. Metode ini
menghasilkan gerakan yang akan menghasilkan gambar gerakan akhir.
Animasi gerak kontrol pertama dilakukan dengan sistem scripting seperti ASAS
(Aktor Script Sistem Animasi). Dalam skenario ini, animator adalah seorang
programmer komputer yang menulis kode dalam bahasa komputer untuk menghasilkan
sebuah objek dan memberikan gerakan obyek itu. Sebagai animasi komputer
berkembang, sistem yang lebih interaktif dikembangkan untuk memungkinkan
animator untuk berinteraksi dengan gambar dan benda-benda melalui antarmuka
yang lebih abstrak. Kode sekarang ditulis secara otomatis, berdasarkan masukan
yang animator membuat menggunakan antarmuka visual dan memanipulasi subjek
dengan mouse, keyboard atau perangkat input lainnya.
·
CGI Compositing
Animasi komputer juga digunakan di tempat teknik yang lebih tua dari
film animasi. Sejak adanya bioskop,
unsur-unsur animasi telah ditambahkan kedalam gambar difoto. Unsur-unsur lain,
seperti model atau latar belakang dicat, juga digunakan dan harus susah payah
dipasangkan dengan rekaman live-action. Ini melibatkan proses optik panjang di
mana berbagai elemen yang kembali difoto beberapa kali agar dapat composited
bersama menjadi satu gambar. Karena kompleksitas proses, efek khusus yang mahal
dan jarang digunakan dalam jumlah besar oleh semua tapi film yang paling tinggi
dibiayai. Komputer citra yang dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan
pembuat film untuk menggunakan layar biru atau hijau untuk memilih bagian dari
film yang nantinya dapat dengan mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti
dengan gambar dari sumber lain, baik foto atau sepotong adegan animasi.
Komputer compositing animasi bahkan berfungsi di banyak konsumen tingkat
program video editing.
·
Motion Capture
Motion capture adalah jenis animasi komputer yang telah memperoleh
banyak minat dalam beberapa tahun terakhir. Motion capture ini bergantung pada
sensor kecil yang ditempatkan pada karakter di berbagai titik di sekitar tubuh
mereka. Para aktor melakukan dan gerakan mereka ditangkap oleh kamera yang
dapat menemukan sensor dan melacak gerakan mereka. Gerakan ini kemudian dapat
ditransfer ke komputer-tokoh yang dirancang akan bergerak dengan cara yang
persis sama seperti aktor lakukan. Motion capture sangat signifikan bagi
yang menjembatani kesenjangan antara metode
tradisional pembuatan film dan teknologi baru. Beberapa contoh dari
motion capture termasuk, Gollum di film "Lord of the Rings".
·
Animasi Flash
Salah
satu jenis akhir animasi komputer adalah Flash animasi. Animasi Flash merupakan
salah satu nama untuk program Flash dari Adobe yang telah mereka produksi,
meskipun saat ini ada program lain yang juga memungkinkan animator untuk
menciptakan "flash" animasi. Walaupun keterbatasan dalam hal gerakan
dan gaya, namun Flash lebih murah untuk memproduksi ,karena itu sekarang flash
semakin meningkat popularitasnya. Animasi Flash sering digunakan dalam iklan
dan umum sebagai konten video di situs Web.
Manfaat Komputer
Grafik
1.
Bidang Hiburan
Seperti pada film,
komputer grafik menghasilkan efek animasi yang baik.
2.
Bidang Perancangan
Dikenal adanya
software desain grafis seperti auto cad, 3D MAX semuanya akan berlangsung secara
mudah dan lebih spesifik dalam perancangan yang akan dibuat. Memperkecil
tingkat kesalahan sehingga akan menghasilkan suatu model yang sama seperti
aslinya.
3.
Bidang Pendidikan
Computer grafik
pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan objek-objek pada siswa secara
nyata, dapat melalui power point, ataupun melalui software yang lainnya.
Kegunaan Animasi
Komputer
Kegunaan dari animasi komputer pada era ini
sangat banyak. Animasi komputer mendukung dalam perkembangan banyak industri,
tidak menentu hanya pada bidang program komputer atau siaran televisi saja
tetapi pada hampir seluruh bidang sepertipengaplikasian pada bidang pendidikan,
rekayasa, produksi film, simulasi penerbangan, forensik, medis, militer, visual
bercorak ilmiah, simulasi, penjelajahan ruang angkasa , dan produksi video.
Setelah kesesuaian diadaptasikan ke dalam berbagai bidang, maka tidak mustahil
peggunaannya akan diperluas lagi dalam bidang-bidang yang baru.
Dibidang pertelevisianlah animasi komputer
paling banyak digunakan. Animasi komputer dibuat untuk periklanan dalam
televisi, atau sebagai acara animasi sehari-hari. Namun dibidang pendidikan,
penggunaan animasi komputer juga tidak kalah digunakan, animasi komputer
digunakan untuk perkembangan dalam pendidikan dengan menggunakan metode audio
visual, selain itu dengan menggunakan animasi komputer yang banyak diminati
anak-anak ini, membuat proses belajar jauh lebih menarik dan lebih mudah dipahami.
Referensi:
http://marcoturnip.blog.widyatama.ac.id/2014/06/14/pengertian-prinsip-prinsip-dan-perbedaan-animasi/
Terima kasih infonya, artikel menarik lainnya silahkan klik di http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/index-pengantar_komputer_grafik.htm
BalasHapus