Game
Untuk Pendidikan
Menurut
buku Learning Online with Games, Simulations and Virtual
Worlds"
karya Clark Aldrich. Terdapat beberapa jenis game yang dapat
dimanfaatkan
dalam pendidikan yaitu :
1.
Educational Simulations : game yang bertujuan untuk sebuah pembelajaran.
2.
Serious Games : Serious game adalah suatu konsep game dengan tujuan untuk
kepentingan
trainning, advertising, simulasi, edukasi. Atau dengan kata lain untuk
kepentingan
yang sifatnya non-entertainment. Implementasinya, serious game ini
bisa
diterapkan untuk berbagai tingkatan usia serta dengan berbagai genre dan
teknologi
game.
3.
Frame Games
4.
Class Games
5.
Virtual World
Perbedaan
dari setiap jenis kemudian dibedakan menjadi 4 (empat) aspek menurut :
·
tujuan pembelajaran yang dapat dicapai;
·
Kriteria Suksesnya;
·
Kebutuhan teknologi untuk diimplementasikan;
·
contoh dari jenis game tersebut
Game
edukasi
adalah game digital yang dirancang untuk pengayaan
pendidikan
(mendukung pengajaran dan pembelajaran), menggunakan teknologi
multimedia
interatif.
Penelitian-penelitian
seputar serious game secara nyata baru dimulai sekitar tahun 2002.
Sebenarnya sejumlah peneliti diakhir tahun 1990 sudah mulai memberikan
sejumlah pendapatnya seputar kemungkinan penggunaan game untuk tujuan
yang lain. Barulah pada tahun 2002, salah satu institusi yaitu Woodrow
Wilson International Center melakukan launching "Serious Games
Initiative" khususnya untuk pengembangan game dengan tujuan pada bidang
kebijakan dan manajemen. Pada tahun-tahun berikutnya tujuannya diperluas
pada bidang sosial serta kesehatan.
Serious
game adalah suatu konsep game dengan tujuan untuk kepentingan
trainning, advertising, simulasi, edukasi. Intinya adalah untuk
kepentingan yang sifatnya non-entertainment. Implementasinya, serious
game ini bisa diterapkan untuk berbagai tingkatan usia serta dengan
berbagai genre dan teknologi game.
Inti
utama dari tujuan serious game adalah menumbuhkan, mengedukasi, dan
memotivasi pemain untuk satu tujuan tertentu.. Tujuan lain bisa juga
untuk kepentingan marketing dan advertising. Di Amerika sendiri, serious
game ini banyak diterapkan di kalangan pemerintahan serta para
profesonal kesehatan.
Dalam
sejarah perkembangan game, maka diantara sekian banyak game yang dapat
diidentifikasi sebagai awal dari kolaborasi game dengan edukasi adalah
salah satu game produk Atari pada dekade 1980-an, yaitu Army
Battlezone,sebuah game yang awalnya ditujukan untuk kepentingan
trainning militer. Fihak departemen pertahanan amerika memang termasuk
inisiator untuk mengembangkan game dalam dunia militer yang mengarah
pada simulasi peperangan dan sejenisnya. Simulasi yang dikembangkan
sebelumnya ternyata membutuhkan peralatan khusus dengan biaya yang cukup
besar. Ternyata dengan menggandeng para pengembang game, sejumlah
simulasi di bidang militer dapat dilakukan dengan konsep game dengan
biaya yang jauh lebih murah. Kesuksesan game sejenis Army Battlezone,
telah menumbuhkan genre baru dalam dunia game.
Mengingat
Serious Game adalah satu bidang yang masih baru, maka klasifikasi game
yang tergolong dalam serious game pun masih dalam tahap yang sederhana,
sampai saat ini bila berbicara seputar serious game, maka beberapa
klasifikasi yang termasuk kedalamnya adalah :
- Advergaming
- Edutainment
- Games-Based Learning
- Edumarket Games – kombinasi dari advergaming dan edutainment.
- News Games atau Journalistic games
- Simulation Games
- Persuasive Games
- Organizational-Dynamic Games
sumber :
http://symphonyofika.blogspot.co.id/2012/05/game-pengertian-sejarah-dan-klasifikasi.html
http://indahpermatasari1075.blogspot.co.id/2010/12/serious-game-adalah-sebuah-game-yang.html